Bromo, Nyanyian di Atas Awan

“Kau mainkan untukku, sebuah lagu
tentang negeri di awan dimana kedamaian menjadi istananya”

Kenal potongan lagu di atas? Yak! Betul jika Anda menjawab itu adalah potongan lagu Katon Bagaskara berjudul Negeri di Awan. Lagu itulah yang berkumandang di kepala saya saat saya berada di penakjakan satu Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS).

bromo

Tiga Gunung : Bromo, Bathok, Semeru

Sebetulnya, ini adalah perjalanan saya dan travel mate saya Noe yang kami lakukan pada tanggal 17 April 2014 lalu. Perjalanan ini sangat berkesan pada saya karena tujuan kami yang istimewa, yaitu Gunung Bromo. Walaupun Gn.Bromo kini telah menjadi tempat wisata yang ramai pengunjung setiap harinya, bagi saya tetap istimewa karena pada dasarnya setiap tempat yang saya kunjungi dan rencanakan dengan matang adalah istimewa. *halah* Continue reading

Kisah seseorang di kamis dini hari

Jam dinding menunjukkan pukul 02.02 di Kamis dini hari, sepi, di luar terdengar tetesan rintik gerimis sisa hujan yang mengguyur malam. Di sebuah kamar 3 x 3 meter terdengar sayup-sayup suara musik tahun 90an, terdengar pula suara ketukan keyboard yang ikut memecah kesunyian. Di sana ada seorang anak manusia yang sedang berapi-api di saat semua penghuni rumahnya terlelap dalam tidur yang damai.

Dia, bukan seorang penulis yang sedang menulis karya sastra atau sebuah novel, bukan penyair yang sedang merangkai kata-kata indah nan syahdu menyentuh kalbu, bukan pula seorang ilmuwan yang sedang bereksperimen dengan teori-teori di kepalanya. Tapi ya, dia sedang menulis, menuangkan teori-teori yang sulit dinalar dan berkecamuk di kepalanya. Dan ya, dia Continue reading

Mari mulai bermain database dengan MongoDB

JIka kemarin kita sudah belajar cara instal MongoDB di server lokal kita, sekarang mari kita coba bermain dengan MongoDB.
Pertama, pastikan mongodb telah running dengan mengetikkan pada comand prompt :

[tempat mongo diinstal] >bin\mongod.exe -dbpath [tempat data-data disimpan]

kalau di tempat saya jadinya D:\MongoDB>bin\mongod.exe -dbpath D:\data

Jika telah sukse tersambung pada port 27017, buka satu lagi comand prompt (jadi kita akan bekerja dengan dua cmd) lalu ketikkan

D:\MongoDB\bin>mongo.exe

Continue reading

Jogja dan kekacauan di senin pagi

Anda pernah ke Jogja? Atau sedang tinggal di Jogja? Bagi sebagian orang yang tidak tinggal di Jogja, image yang mereka dapatkan dari kota ini adalah sebuah kota yang nyaman dengan aktivitas yang cenderung slow, alon-alon asal kelakon. Tapi cobalah keluar ke jalan-jalan protokol di Senin pagi antara pukul 06.45 – 07.30.

Semenjak saya bekerja dengan jam kerja 07.15-16.00 dimana setiap berangkat dan pulang kerja adalah jam-jam padat orang bekerja, sekolah, dan kuliah. Jadilah saya kenyang tiap pagi (lima hari dalam seminggu) dengan kondisi lalu lintas yang sruduk sana sruduk sini, srobot sana srobot sini dan hari senin adalah puncak dari segala kekacauan itu. Continue reading

Materi Ujian Mid – Web Design – Kelas 11 SMA Internasional BMD

Web design adalah Seni dalam membuat suatu halaman website yang melibatkan keindahan dan mekanisme dalam proses membuat sebuah halaman website. Membuat suatu halaman website terlihat lebih menarik dengan mengintegrasikan unsur gambar, animasi, text, dan video.

• Dasar-dasar web design

silakan mendownload file –> Dasar-dasar Web Design

• Prinsip-prinsip web design

silakan mendownload file materi prinsip webdesign –> Prinsip prinsip desain web

• HTML

silakan mendownload file materi HTML –>HTML

My first flight

senja di atas pesawat

‘Sudah pernah kah Anda naik pesawat?’ kalau pertanyaan itu dilontarkan empat bulan yang lalu, saya akan jawab dengan belum. Yup karena setelah seperempat abad saya hidup baru bulan oktober kemarin naik pesawat! Jangan salah, bagi anak manis yang dibesarkan di sebuah kota kecil seperti saya naik pesawat adalah barang langka. Ditambah lagi kota kecil itu berada di Pulau Jawa, dimana jarak satu daerah ke daerah lain sudah cukup mudah ditempuh dengan jalur darat. Kalau kata temen saya sih ‘penyakit orang jawa itu ga pernah naik pesawat’ hehe, tapi ada benarnya juga ungkapan itu.

Sudah sejak lama saya pengin banget naik pesawat. Waktu SD bahkan berangan-angan lapangan deket rumah bisa buat lapangan terbang jadi kalau ke rumah nenek bisa naik pesawat. Malah dulu pernah sampai kebawa mimpi, saya mudik naik pesawat tapi pesawatnya penuh karena saya telat check in, jadilah dalam mimpi itu saya berdiri di dalam pesawat karena semua tempat duduk penuh, dan pas sampai depan rumah saya terjun dari pesawat karena di sana gak ada bandara, ya maklum karena belum pernah naik pesawat jadi yang kebayang ya kayak naik bus. Sebetulnya dulu awal tahun 2011  hampir naik pesawat. Saat itu dapat tiket promo dari sebuah maskapai penerbangan, tak tanggung-tanggung saya dapat tiket gratis Jogja – Singapore Gratis! tapi pas mau mulai buat passpor ternyata maskapainya bangkrut, dan semua penerbangannya dibatalkan. Menjadi teramat pahit  karena saat semua orang bisa marah-marah minta refund, saya gak bisa! Ya mana mungkin tiket gratis mau saya refund, rugi lahir batin ga jadi jalan-jalan ga bisa pula diganti uang.

Continue reading

Bienvenue

Ada seorang teman yang lantang menyerukan ‘Anak IT itu harus canggih, ya minimal punya blog lah..’ walau kurang setuju dg seruan temen saya itu sebagai anak yang pernah kuliah di jurusan ilmu komputer, akhirnya saya memutuskan sudah waktunya membuat blog buat go public! (biar serasa orang penting haha)

Ini blog saya, yang entah merupakan blog yang keberapa. Sebelumnya blog bagi saya adalah sebuah wadah diary online dimana cuma saya yang bisa baca (bahkan sengaja disetting private). Selain itu blog juga biasanya saya gunakan untuk media eksperimen yang biasanya berujung fatal error code 😀 dan inilah penyebab utama saya punya banyak sekali account blog.

Alasan utama membuat blog ini adalah untuk sharing berbagai pengalaman yang pernah saya alami, siapa tau pengalaman ini bisa menolong seseorang atau bahkan menginspirasinya 🙂